Berbicara mengenai gedung pencakar langit yang ada di seluruh dunia, tentu sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Namun ternyata hanya ada beberapa bangunan tertinggi di dunia yang berhasil memecahkan rekor internasional. Dibangun dengan tinggi nyaris 1000 meter, gedung-gedung ini juga memiliki ratusan lantai. Yang kemudian difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

7 Daftar Bangunan Tertinggi di Dunia

Gedung tinggi memang selalu berhasil mencuri perhatian. Terlebih kalau ketinggiannya sudah jauh di atas rata-rata. Dan di bawah ini akan di ulas secara lengkap, 7 daftar gedung paling tinggi yang ada di berbagai penjuru dunia. Urutan yang kami sebutkan disini bukan urutan dari paling tingga ke paling rendah ya, hanya sebatas penomoran saja.

1. Guangzhou CTF Finance Centre

Pada posisi ke tujuh adalah Guangzhou CTF Finance Centre. Yang berdiri tegak dengan tinggi 530 meter. Bangunan milik sebuah perusahaan ternama dari Hong Kong ini selesai dibangun pada 2016. Dengan jumlah anggaran sebesar US$1.5 M.

Gambar Guangzhou CTF Finance Centre, wsp.com
Gambar Guangzhou CTF Finance Centre, wsp.com

Baca juga: Rekomendasi website interior

2. One World Trade Center

Bangunan yang awalnya dinamakan Freedom Tower ini digunakan sebagai kompleks observasi, komunikasi, dan perkantoran. Dengan tinggi mencapai 514.3 meter, gedung yang berada di New York ini berhasil menjadi bangunan tertinggi nomor 6 di dunia. One World Trade Center terdiri dari 104 lantai, dan pembangunannya memakan biaya Rp. 56.37 T.

Foto One World Trade Center, history.com
Foto One World Trade Center, history.com

3. Lotte World Tower

Sky Tower tertinggi ke-5 di dunia berada di negeri Ginseng Korea Selatan, yaitu Seoul. Dibangun dengan tinggi hingga 554.5 m, dengan 124 lantai. Lotte World Tower menghabiskan anggaran sampai Rp. 46.18 Triliun. Gedung yang mulai beroperasi pada 2017 lalu ini difungsikan sebagai hotel mewah, dan juga perkantoran.

Gambar Lotte World Tower, visitseoul.net
Gambar Lotte World Tower, visitseoul.net

4. Ping An Finance Centre

Bangunan pencakar langit yang berada di Shenzhen, China ini merupakan perusahaan asuransi Ping An Insurance. Gedung dengan tinggi 599 meter ini, memiliki 115 lantai. Pembangunan Ping An Finance Centre dimulai pada 2010, dan selesai 2017. Dengan menggelontorkan dana sebesar Rp. 21.66 Triliun (US$ 1.5 Miliar).

Ping An Finance Centre, archdaily.com
Ping An Finance Centre, archdaily.com

5. Abraj Al Bait

Gedung yang dikenal sebagai tempat Ibadah umat Islam ini berada di Saudi Arabia. Dan sukses menjadi Sky Tower ke-3 tertinggi di dunia. Mempunyai ketinggian 601 meter, dan terdiri atas 120 lantai. Proses pembangunan Abraj Al Bait memakan waktu 7 tahun, dengan anggaran Rp. 216 Triliun. Gedung ini dibangun untuk mengenang jasa Sultan Abdul Aziz.

Abraj Al Bait di Arab Saudi, telegraph.co.uk
Abraj Al Bait di Arab Saudi, telegraph.co.uk

6. Shanghai Tower

Gedung pencakar langit yang terletak di Shanghai, China ini menjulang setinggi 632 meter. Hingga saat ini, Shangai Tower masih menempati posisi ke-2 sebagai gedung tertinggi di dunia. Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun gedung ini setara dengan Rp. 32.97 Triliun. Shanghai Tower terdiri dari 128 lantai.

Keindahan bangunan Shanghai Tower, trip.com
Keindahan bangunan Shanghai Tower, trip.com

Baca juga: Penggunaan konstruksi cakar ayam

7. Burj Khalifa

Posisi pertama bangunan tertinggi di dunia masih dipegang oleh Burj Khalifa. Gedung pencakar langit yang terletak di UEA (Uni Emirat Arab), Dubai diberi nama sesuai dengan Presiden di negara tersebut, yaitu Sheikh Khalifa. Bangunan ini berhasil diselesaikan dengan anggaran sebesar 21. 67 Triliun Rupiah.

Foto Burj Khalifa di siang hari, cnn.com
Foto Burj Khalifa di siang hari, cnn.com

Burj Khalifa mulai dibangun pada tanggal 6 Januari 2004, dan selesai 6 tahun setelahnya. Bangunan ini memiliki tinggi 828 m, dengan 163 lantai. Jadi, bisa dibayangkan sendiri betapa tingginya Burj Khalifa. Gedung ini dimanfaatkan sebagai bangunan multifungsi dan juga hunian bagi dewan kota.

Selain beberapa nama gedung yang disebutkan, sebenarnya ada beberapa bangunan dengan ketinggian fantastis yang lainnya. Satu diantaranya adalah Tianjin CTF Finance Centre, yang terletak di Cina. Dan kemudian ada juga China Zun di kota Beijing, China. Jadi, sejauh ini dapat disimpulkan kalau negara tirai bambu tersebut mendominasi pembangunan pencakar langit.

Open chat
Konsultasi pembuatan rumah?