Saat ini harga tanah semakin lama semakin tinggi, apalagi untuk kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan lainnya. Untuk menyiasati pembangunan rumah dengan lahan yang sempit, kita bisa membuat rumah dengan konsep 2 lantai atau tingkat. Bagi Anda yang butuh referensi desain rumah tingkat minimalis, berikut ini beberapa contoh yang yang bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Rumah Vertikal Minimalis The Tower Home

Memiliki lahan terbatas bukan berarti Anda tidak bisa membangun rumah tingkat minimalis. Anda dapat menerapkan ide hunian karya Gluck + Architects yakni The Tower Home. Konsep hunian vertikal ini tentu akan memaksimalkan view atau pemandangan di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Konsep rumah ini sangat cocok diterapkan di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Rumah minimalis konsep tower home, adorable-home.com
Rumah minimalis konsep tower home, adorable-home.com

Berbeda dengan hunian pada umumnya, hunian berkonsep The Tower Home ini memiliki lantai dasar yang lebih sempit dibanding lantai atas. Khususnya pada sisi horizontal lantai atas, Anda bisa menambahkan bukaan atau jendela kaca yang cukup luas agar penghuni rumah bisa menikmati view indah dari ketinggian. Tentu hal ini dapat memberikan sensasi tersendiri bagi Anda. Segera hubungi jasa kontraktor kepercayaan Anda untuk pembangunan yah.

Rumah Vertikal Minimalis dengan Roof Garden

Bagi Anda yang menggemari taman dan ingin menambahkannya dalam hunian minimalis impian, maka Anda bisa coba menerapkan konsep rumah vertikal dengan roof garden. Dengan adanya roof garden pada hunian tingkat minimalis Anda, tentu akan memberikan ruang kegiatan baru yang menyenangkan bagi Anda di atas atap.

Rumah tingkat minimalis dengan roof garder, archdaily.com
Rumah tingkat minimalis dengan roof garder, archdaily.com

Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hias serba hijau yang akan semakin memperteduh nuansa hunian. Misalnya, daun suplir, daun tanduk rusa, daun kuping gajah, daun lidah mertua, gelombang cinta, daun keladi atau spider plant. Dengan keberadaan roof garden tersebut tentu akan membuat rumah Anda semakin terlihat alami.

Rumah Vertikal Minimalis Konsep All in Black

Jika biasanya orang-orang memilih warna cerah dan terang sebagai warna utama hunian, maka Anda bisa menerapkan konsep all in black pada hunian yang anti mainstream. Dengan mengusung pewarnaan serba hitam, maka Anda akan mendapatkan kesan elegan dan berkelas pada hunian tersebut. Terlebih lagi jika Anda mengedepankan desain kubus modern pada rumah tingkat tersebut.

Rumah tingkat minimalis desain all in black, pinterest.com
Rumah tingkat minimalis desain all in black, pinterest.com

Guna menghindari kesan dan tampilan yang monoton, Anda dapat coba untuk bermain tekstur. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengaturan terhadap pencahayaan lampu yang baik. Pda interior hunian, Anda bisa menambahkan beberapa lukisan dengan tema klasik maupun kontemporer. Khusunya di lantai dua, Anda bisa menambahkan miniatur patung sebagai hiasan interior di setiap sudut ruangan.

Rumah Tingkat Minimalis Penuh Warna

Terbilang sebagai salah satu hunian yang anti mainstream, Anda bisa coba menerapkan rumah tingkat sederhana dengan konsep penuh warna. Anda bisa bermain warna pada tiap sisi hunian sederhana ini sehingga membuatnya nampak tidak biasa dan tetap nampak menyenangkan. Cocok sekali bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan tampilan nyentrik.

Rumah minimalis 2 lantai berwarna warni, pinterest.com
Rumah minimalis 2 lantai berwarna warni, pinterest.com

Jika ingin menggunakan pilihan palet warna aman, lebih baik Anda menerapkan warna-warna yang mempunyai tone mirip maupun berdekatan. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan palet warna yang kontras. Alih-alih demikian, Anda bisa menerapkan komposisi warna tersebut pada interior hunian. Hal ini justru akan menambah cantik view interior hunian Anda.

Baca juga: Daftar bangunan tertinggi dunia

Rumah Tingkat dengan Ruang Terbuka

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan konsep natural, maka bisa coba menerapkan konsep ruang terbuka. Rumah tingkat minimalis dengan konsep ini tentu sangat nyaman untuk ditinggali Anda bersama keluarga. Sesuai dengan namanya, rumah ini tidak hanya akan memberikan ruang beraktivitas pada halaman belakang saja, melainkan juga menjadikan bagian balkon lantai atas sebagai ruang terbuka.

Foto bangunan rumah tinkat minimalis bertema tropis, unsplash @ralphkayden
Foto bangunan rumah minimalis bertema tropis, unsplash @ralphkayden

Balkon lantai dua dengan konsep ruang terbuka tersebut, tentu sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Misalnya, untuk ngeteh bareng keluarga sambil menikmati senja di saat weekend. Anda bisa memagari sekeliling balkon dengan kaca agar suasana hunian semakin terlihat menyatu dengan alam. Tambahkan juga beberapa tanaman hijau guna membuat udara semakin bersih.

Manakah diantara 5 desain rumah tingkat minimalis diatas yang Anda sukai? Tentu tiap orang akan memiliki jawaban berbeda bukan? Tergantung selera masing-masing. Jika mengalami kesulitan untuk membangun rumah tingkat minimalis, kami dari tim rumahcepatbangun.com bisa menjadi partner untuk pembangunan rumah Anda.

Open chat
Konsultasi pembuatan rumah?