Saat ini rumah minimalis semakin digandrungi. Ada banyak faktor yang menjadi pendorongnya. Misalnya keberadaan tanah yang luasnya kecil di area padat penduduk, bertambah mahalnya harga tanah sehingga membeli yang luasnya kecil, kebutuhan rumah yang memang tidak seberapa sehingga mencari yang kecil atau minimalis.

Masih banyak faktor penyebab lainnya, namun memiliki rumah minimalis bukanlah sebuah hal yang tidak bagus. Rumah minimalis memang tipe yang sesuai dengan fungsinya. Jika Anda ingin mengetahui terkait tipe-tipe rumah minimalis, simak ulasan berikut ini.

1. Rumah Minimalis Berjendela Banyak

Meskipun Anda memiliki lahan yang tidak cukup luas untuk suatu hunian, akan tetapi Anda tetap bisa menyulapnya menjadi suatu hunian yang menarik. Anda bisa merancang rumah idaman minimalis dengan menambahkan begitu banyak jendela. Fungsi jendela dalam suatu hunian minimalis tentu akan membuat hunian tersebut nampak lebih luas.

Jendela adalah media yang tepat untuk menyalurkan cahaya alami agar masuk ke setiap sudut ruangan rumah. Dengan demikian, selain nampak luas rumah Anda juga akan senantiasa sehat. Yang terpenting dalam hunian berjendela banyak Anda mesti memasangkan horden maupun tirai pada tiap-tiap jendela. Hal ini demi menjaga privasi Anda.

Jangan lupa untuk mencermati penggunaan furniture. Baiknya gunakan furniture yang berukuran mini akan interior hunian terlihat lebih apik sekaligus tidak sumpek. Desain rumah ini bisa Anda terapkan khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Anda bisa memperbanyak pot-pot tanaman di depan hunian agar udara semakin bersih.

2. Rumah Minimalis Berbentuk Modular

Anda bisa memaksimalkan bentuk lahan terbatas Anda dengan menerapkan desain rumah berbentuk modular. Desain rumah yang juga dikenal dengan nama prefabrikasi ini dapat dibuat dalam waktu singkat karena hanya tinggal merakit saja. Persis seperti desain rumah dalam acara bedah rumah di televisi.

Rumah berbentuk modular menggunakan metode konstruksi yang mana melibatkan pembuatan komponen struktur berbasis dengan teknologi terkini. Dengan demikian, pembangunan rumah model ini dapat berlangsung secara cepat. Hal ini tentu akan memberikan manfaat dari sisi waktu maupun tenaga.

Anda bisa membangun rumah model modular dengan mengikuti jejak dari negara Kanada dan Amerika. Kedua negara ini telah banyak menerapkan desain rumah mereka menggunakan model manufactured house ini. Jangan khawatir, meskipun rumah modular terbuat dari struktur bangunan yang ringan akan tetapi rumah ini sangat tahan terhadap gempa bumi.

Desain Rumah Minimalis, sumber : Jago Material Supermarket Bahan Bangunan Online
Desain Rumah Minimalis, sumber : Jago Material Supermarket Bahan Bangunan Online

3. Rumah Minimalis Bergaya Kontemporer

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan gaya berbeda, maka bisa coba menerapkan model kontemporer. Gaya rumah semacam ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai cukup lahan luas. Terlebih lagi Anda juga akan lebih berhemat karena lebih banyak memanfaatkan media kayu sebagai komponen utama pembuatan rumah minimalis ini.

Anda bisa menerapkan model rumah dengan gaya kontemporer di atas lahan seluas 50 meter persegi berlantai dua. Desain rumah ini mengutamakan dominasi warna burgundy wine pada sisi ekstriornya. Terapkan desain atap miring serta jendela berkaca agar membuat rumah minimalis ini terlihat lebih menarik.

Pada interior hunian, Anda bisa memanfaatkan seluruh komponen kayu berwarna alami sehingga membuat tampilan semakin kontemporer. Jangan lupa gunakan furniture seperti sofa duduk ruang tamu dengan warna gelap. Ini akan membuat tampilan interior hunian kian kontemporer.

4. Rumah Idaman Minimalis Bergaya Klasik

Bukan hanya berdesain kontemporer saja, bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan desain anti mainstream maka bisa coba menerapkan gaya klasik. Rumah bergaya klasik dapat Anda terapkan pada hunian berlahan terbatas dengan mengutamakan komponen kayu. Anda bisa mencontoh hunian serupa yang banyak diterapkan di negara Turki.

Anda bisa menata eksterior hunian dengan gaya klasik yang secara keseluruhan dibuat dari komponen kayu. Jangan lupa terapkan hal serupa pada interior ruang tamu. Berikan sentuhan warna alami pada komponen kayu penyusun hunian klasik ini. Bila perlu Anda bisa menambahkan pernak-pernik atau hiasan interior rumah bergaya serupa.

Rumah Tipe 36, sumber : Harga Depo Bangunan
Rumah Tipe 36, sumber : Harga Depo Bangunan

Misalnya, miniatur patung kucing hoki. Menurut feng shui patung kucing ini akan mendatangkan keberuntungan apabila dipajang dengan baik di rumah tersebut. Selain miniatur patung kecil, Anda juga bisa menambahkan boneka martyoshka guna menghiasi meja sudut di ruang tamu Anda.

5. Rumah Tipe 21

Developer di Indonesia pun sering kali membangun rumah tipe 21 yang terdiri dari satu kamar tidur dan cukup untuk dua orang. Rumah-rumah ini tersedia dengan harga rendah, cocok untuk pasangan keluarga yang baru menikah. Dengan luas bangunan 21 m², rumah tipe ini bisa berukuran 6 x 3,5 meter. Tipe rumah ini bisa jadi opsi bagi Anda yang baru pertama kali mencari rumah.

6. Rumah Tipe 36

rumah tipe 36 jadi jenis idaman orang Indonesia. Anda yang punya budget lebih untuk membeli dan mencicil dapat menjadikan rumah tipe 36 jadi opsi. Serupa dengan rumah tipe 21, intinya interior rumah harus benar-benar memanfaatkan ruang kosong yang ada dan diisi furniture multifungsi. Rumah tipe 36 memiliki dua kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas.

7. Rumah Tipe 45

Rumah tipe 45 sesuai dengan namanya, punya luas 45 m² bisa jadi upgrade atau peningkatan dari dua tipe sebelumnya. Dengan rumah yang lebih luas, keluarga yang memiliki anak paling cocok mengisi rumah ini. Tipe ini dapat menyediakan tiga kamar tidur, meski tanpa halaman belakang.

Terdapat teras yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dengan rumah tipe 45. Anda dapat menjadikan rumah ini minimalis dengan furniture multifungsi yang dapat membuat kesan rumah semakin luas. Maka, terdapat ruang gerak untuk si kecil bermain.

8. Rumah Tipe 54

Rumah tipe 54 biasanya ditargetkan untuk kelas menengah, karena unggul pada luas bangunan. Rumah ini pun tetap bisa jadi opsi minimalis zaman sekarang. Justru dengan luas 54 m² rumah ini bisa dibangun dengan dua lantai. Kemudian, interiornya dibuat seminimalis mungkin agar rumah terasa sangat luas.

Misal, lantai dasar untuk dapur, ruang makan, ruang tamu atau bahkan sebuah taman. Ruang kosong yang lebih banyak dapat jadi tempat bersantai atau bermain anak. Sementara lantai dua berisi kamar dan ruang keluarga.

Itu dia berbagai tipe rumah minimalis yang sering menjadi pilihan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda. Simak juga tips untuk merawat rumah minimalis di halaman rumahcepatbangun.com.

Open chat
Konsultasi pembuatan rumah?