Menghiasi rumah dengan berbagai keindahan seperti taman murah merupakan hal yang memiliki banyak manfaatnya. Bukan hanya menjadikan rumah lebih nyaman, tetapi keberadaan taman di rumah dapat memiliki efek secara kesehatan. Berikut beberapa manfaat tanaman bagi manusia :

Tanaman Sehat, sumber : Abahtani
Tanaman Sehat, sumber : Abahtani
  1. Dampak Positif Untuk Kesehatan

    Ada kemungkinan bahwa tanaman dapat menyaring mikroba di udara, yang dapat menginfeksi atau mengakibatkan iritasi pada pernapasan anda. Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa tanaman tropis dan tanaman rumah biasa, bermanfaat untuk mengurangi debu hingga 20 persen.

    Sehingga, keberadaan tanaman di dalam rumah dapat mengontrol kelembapan udara. Dimana, apabila terlalu kering, lingkungan dalam ruangan dapat mengakibatkan iritasi bagi organ tubuh salah satunya adalah pernapasan.
  2. Meningkatkan Oksigen Siang Hari

    Sebagaimana yang diketahui, tanaman melakukan fotosintesis. Selama proses fotosintesis, tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Proses pernapasan yang berlawanan seperti ini membuat tanaman dan manusia menjadi partner alami yang baik.

    Meletakkan tanaman di ruangan rumah atau kantor dapat meningkatkan kadar oksigen. Namun sebagaimana diketahui, fotosintesis ini hanya terjadi pada siang hari. Sedangkan malam hari yang terjadi sebaliknya, tanaman akan melepas karbon dioksida dan menyerap oksigen.
  3. Menyaring Udara

    Tanaman dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya yang dikeluarkan dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian. Terdapat penelitian yang bertentangan terkait apakah tanaman benar-benar dapat membersihkan udara. Banyak situs web mengutip Studi Clean Air NASA dari tahun 1989. Namun, penelitian mereka dilakukan di dalam ruangan yang sangat terkontrol, dan rumah Anda membutuhkan banyak sekali tanaman untuk mendapatkan efek yang sama.

    Karena mampun menghilangkan senyawa berbahaya di udara, maka udara dalam ruangan apabila terpolusi akan disaring sehingga bersih kembali. Tentu saja dengan komposisi tanaman dalam ruangan yang cukup. Namun seharusnya ruangan atau dalam rumah tidak terlalu polusi sebagaiman di luar rumah.
  4. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

    Menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression, menyentuh tanaman juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Bunga dikaitkan dengan kondisi positif dan dapat digunakan untuk meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik.

    Dengan peningkatan mood, apabila Anda sedang merasakan tekanan karena pekerjaan yang berat misalnya, maka berinteraksi dengan tanaman akan membantu mengurangi stress sekaligus. Jadi, berinteraksi dengan tanaman memberikan dampak yang baik bagi mental.
  5. Terapi Hortikultura

    Terapi Hortikultura adalah praktik yang menggunakan berkebun sebagai media terapi. Terapi ini juga dapat digunakan sebagai media rehabilitasi. Sehingga manfaat tanaman selanjutnya adalah berkaitan dengan kesehatan bagi secara fisik juga.

    Berkebun di luar ruangan dapat mengurangi risiko demensia hingga 36 persen. Anda juga dapat menemukan manfaat terapi serupa dengan skala yang lebih kecil, seperti Zen Garden, pohon bonsai, atau kebun herbal mini.

Berbagai manfaat di atas hanya dapat dirasakan apabila kita memiliki taman di area rumah tempat tinggal kita. Nah, bagaimana membuat taman namun dengan biaya yang terjangkau?

Tips Membuat Taman yang Murah

Desain rumah saat ini telah banyak berkembang. Membangun rumah tidak lagi menjadi sesuatu yang kompleks dan sulit. Sudah banyak konsep-konsep simpel dan minimalis yang diterapkan. Karena taman terkait dengan bangunan rumah, maka, keberadaan taman di rumah juga bisa dirancang secara simpel dan terutama taman murah.

1. Memilih Konsep Taman yang Hemat

Ada berbagai konsep taman yang bisa dibuat. Semuanya dapat dilihat dari tujuannya. Jika taman di rumah Anda bertujuan menjadi ruang untuk tempat berkumpul yang asri, maka setidaknya terdapat tempat duduk. Tetapi untuk menghemat, Anda bisa merancang tempat duduk yang alami, seperti tanaman pohon yang bisa didekorasi menjadi tempat duduk. Sehingga Anda mendapat 2 hal sekaligus, pohon dan tempat duduk.

Konsep lainnya adalah taman sebagai ruang tempat pemandangan. Untuk konsep taman ini Anda bisa membuat kolam atau air mancur. Namun agar lebih hemat, Anda bisa membuat kolam kecil dengan dinding air terjun yang simpel. Sehingga Anda bisa berhemat.

Jadi, konsep-konsep taman yang ada bisa dibuat alternatif kompenennya. Jika ingin hemat, maka pilihlah komponen yang dapat melengkapi satu sama lain tanpa tambahan biaya.

2. Menentukan Ukuran Taman yang Minimalis

Penghematan untuk membuat taman di rumah dapat dilakukan dengan menentukan ukuran tamannya. Taman yang luas bisa saja akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kecuali taman yang luas namun tidak begitu banyak berisi tanaman dan aksesoris, bisa saja Anda buat dengan biaya yang hemat.

Namun biasanya, taman yang simpel, cukup kecil dan berkonsep minimalis berpeluang lebih hemat. Oleh karena keberadaan taman sebenarnya bukan hanya pembuatannya saja, tetapi juga perawatannya. Taman yang luas biasanya akan membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak untuk merawatnya. Sehingga dilihat dari faktor ini, taman yang besar akan berpeluang mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan taman yang kecil dan simpel.

Taman Indoor Minimalis, sumber : Taman
Taman Indoor Minimalis, sumber : Taman

3. Memilih Tanaman yang Mudah Dirawat

Terdapat berbagai macam pilihan tanaman hias yang cocok untuk taman. Selain itu terdapat juga pilihan pohon-pohon yang juga dapat menjadikan taman lebih asri dan indah. Namun tanaman dan pohon ini harus dirawat. Hampir tidak mungkin tanaman dan pohon tidak perlu perawatan.

Diantara pepohonan dan tanaman yang perlu dirawat ini, ada yang perawatannya simpel, namun ada juga yang perawatannya kompleks. Perawatan yang kompleks biasanya seperti membutuhkan tanah jenis tertentu, berbagai asupan tanaman seperti pupuk tertentu dan lain-lain. Sehingga, memilih tanaman yang perawatannya simpel akan berpeluang lebih hemat dibandingkan tanaman yang perawatannya kompleks.

Salah satu contoh tanaman yang simpel dirawat adalah kaktus. Kaktus relatif bisa hidup dalam kondisi yang sedikit air. Sehingga lebih bertahan dibandingkan tanaman yang harus ditanam setiap hari. Walhasil, biasanya biaya perawatannya juga murah.

4. Memilih Aksesoris yang Murah

Biasanya taman dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti ornamen, lampu dan pagar. Pilihlah ornamen, lampu dan pagar yang membutuhkan biaya yang murah. Misalnya ornamen yang terbuat dari plastik atau kayu. Begitu juga sebisa mungkin tidak perlu memanfaatkan lampu oleh karena relatif tidak diperlukan mengunjungi taman pada malam hari. Biasanya lampu taman diperlukan hanya sebagai penerang, sehingga bisa menggunakan lampu yang kecil. Untuk pagar, Anda bisa menggabungkannya dengan pagar rumah atau buatlah taman indoor yang tidak perlu aksesoris pagar.

5. Menggunakan Jasa Taman

Menggunakan jasa taman berpeluang menghemat pembuatan taman. Jasa pembuat taman sudah lebih berpengalaman sehingga mengetahui berbagai komponen taman yang murah. Atau bahkan terkadang mereka menjual sendiri tanaman hias dan berbagai aksesoris taman. Mereka juga sudah terbiasa menerima jasa pembuatan taman sesuai permintaan konsumen yang biasanya menginginkan harga taman yang murah.

Itu dia beberapa cara untuk memiliki taman di area rumah dengan biaya yang terjangkau bahkan hemat. Semoga tips di atas dapat membantu Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya seputar rumah, jasa bangun rumah dan desain rumah di sini.

Open chat
Konsultasi pembuatan rumah?