Pengetahuan akan material konstruksi merupakan hal yang penting. Bukan hanya untuk developer atau kontraktor bangunan seperti kami, namun juga penting untuk orang yang memiliki bangunan. Dengan mengetahui material, minimal bisa mengarahkan developer untuk memakai bahan tertentu yang sesuai dengan spesifiksi pilihan kita.

Material Kitchen Set Dapur

Untuk dapur yang merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Penting juga bagi kita mengetahui material penyusun kitchen set yang ada di dapur. Bisa jadi Anda saat ini memiliki dapur yang terdiri dari beberapa bahan yang kami tuliskan ini.

1. Kayu solid

Material pertama yang sangat di rekomendasikan untuk kitchen set dapur adalah kayu solid. Kayu solid ini merupakan material, yang memang sudah banyak digunakan untuk membuat berbagai cabinet kitchen set di dapur. Kayu merupakan salah satu sumber daya yang memang tidak memiliki racuin, bahkan dapat di perbaharui sesuai dengan keinginan.

Diantara banyaknya jenis kayu yang ada, untuk jenis kayu solid merupakan jenis yang paling baik dan di rekomendasikan agar memiliki tampilan yang bagus dan juga mengkilap. Kelebihan yang dimiliki oleh kayu solid untuk kitchen set ini, memiliki berbagai warna, tekstur hingga serat yang cantik. Ketiga hal tersebut yang membuat kayu solid memiliki daya tariknya tersendiri.

Tumpukan kayu solid untuk bahan baku furniture, unsplash @thewoodproject
Tumpukan kayu solid untuk bahan baku furniture, unsplash @thewoodproject

Jenis kayu solid yang dipakai untuk bahan kitchen set bisa dari kayu jati, pinus, mahoni hingga sono keling. Setiap jenis kayu memiliki ciri khas serat yang khas. Semua kembali pada selera dan juga budget yang Anda miliki. Sebagai gambaran, kayu sono keling saat ini harganya bisa hingga 3 kali lipat dari kayu jati. Cukup mahal bukan?

2. Laminasi

Bukan hanya kayu solid saja, melainkan material untuk kitchen set lainnya adalah laminasi. Jika Anda berkunjung ke workshop interior yang ada, Anda dapat menemukan berbagai kitchen set dengan berbagai macam material terbaik salah satunya adalah laminasi. Jika kayu solid memiliki harga yang terbilang mahal, namun berbeda dengan material yang satu ini.

Laminasi merupakan salah satu material, yang memiliki bentuk berupa lembaran tipis dan disusun dengan cara bergantian menggunakan resin plastic. Nantinya akan menghasilkan pola atau desain yang berbeda. Lapisan ini juga akan menggunakan bantuan dari lapisan plastic yang lebih keras. Untuk memilih laminasi, Anda dapat memilih lapisan dengan tekanan tinggi.

Struktur lapisan kayu laminasi, quora.com
Struktur lapisan kayu laminasi, quora.com

Laminasi ini juga memiliki kelebihan tersendiri, yaitu material untuk kitchen set ini memiliki ketahana yang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan harganya juga cukup terjangkau, tidak mudah untuk memiliki goresan dan tidak membutuhkan usaha lebih untuk melakukan pemolesan ulang. Untuk Anda yang tertarik dengan material ini, bisa segera mencari jasa kitchen set terdekat di kota Anda.

Baca juga: Jenis kayu olahan untuk bangunan

3. Kayu veneer

Veneer merupakan suatu irisan atau sebuah lembaran kayu solid, yang mana nantinya harus di tempelkan untuk bagian atas substrat. Memang kayu veneer memiliki kemiripan dengan laminasi. Lembaran ini juga nantinya bebas untuk diberikan warna dan juga dapat dipoles, dengan berbagai warna dan tekstur yang Anda inginkan.

Untuk material kayu veneer ini, bahkan dapat juga Anda gunakan sebagai salah satu material yang digunakan untuk membuat kitchen set dapur. Banyak juga yang memilih veneer sebagai material kitchen set, dikarenakan keindahan kayu yang alami yang ditampilkannya. Kelebihan yang dimiliki oleh material veneer ini sangat ekonomis dan juga terlihat lembut.

4. Lapisan PVC

PVC merupakan marerial lembaran plastic, yang memiliki hasol akhir yang cukup kuat jika dibandingkan dengan cabinet dapur. Material ini juga sangat mudah untuk digunakan dan dipasang, terlebih lagi dengan harganya yang murah. Penggunaan PVC ini juga sangat di rekomendasikan untuk kitchen set, pasalnya tahan dengan air dan juga minyak.

Untuk Anda yang memang senang memasak, penggunaan material PVC merupakan pilihan terbaik. Biasanya untuk pilihan warna yang dapat digunakan, warna putih merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda pilih dan membuat dapur terlihat semakin cantik dan juga nyaman. Kelebihan yang dimiliki oleh material PVC ini, sangat mudah untuk dirawat dan juga anti rayap.

Baca juga: Tips membuat dapur di area sempit

5. Stainless steel atau alumunium

Material untuk cabinet lainnya yang juga dapat Anda pilih atau jadikan referensi untuk kitchen set dapur adalah alumunium atau stainless steel. Dalam hal ini stainless steel memiliki tampilan yang cukup unik, anti noda dan juga kokoh hingga sangat tahan dengan karat. Untuk Anda yang tertarik dengan material kitchen set ini, dapat menghubungi produsen kitchen set dari bahan aluminium pilihan Anda.

Dapur modern dengan bahan granit dan stainless steel, unsplash @sidekix
Dapur modern dengan bahan granit dan stainless steel, unsplash @sidekix

Material untuk kitchen set yang kami sebutkan diatas bukanlah sebuah urutan dari sisi paling penting ke kurang penting. Kami menyusun sebagai daftar yang bisa jadi referensi untuk Anda. Jika ingin konsultasi lebih lanjut soal pemilihan bahan yang tepat untuk kitchen set Anda. Kami sarankan untuk menghubungi jasa interior yang memiliki layanan konsultasi di kota Anda.

Open chat
Konsultasi pembuatan rumah?